penyebab batrai hp cepat habis

6 Penyebab batrai HP Cepat Habis dan Solusinya!

Penyebab batrai HP Cepat Habis – Ada beberapa penyebab batrai hp cepat habis yang bisa terjadi di HP pengguna. Seringkali merasa bahwa baterai HP sudah penuh, namun hanya dalam waktu singkat sudah berkurang setengah padahal tidak digunakan atau jarang dimainkan.

Jika sudah terjadi seperti ini, pastinya ada yang tidak beres dengan HP karena tidak bekerja secara normal. Cepat habisnya baterai bisa disebabkan berbagai faktor. Bisa jadi usia baterai yang sudah lama atau aplikasi yang beroperasi terlalu banyak. Mari simak berikut ini:

6 Penyebab batrai HP Cepat Habis dan Solusinya

1. Bluetooth, WiFi, Mobile Data dan GPS Tetap Terhubung Secara Bersamaan

Penggunaan Bluetooth, WiFi, Mobile Data dan GPS secara bersamaan merupakan penyebab batrai hp cepat habis meskipun HP tidak digunakan. Padahal keempat komponen ini terkadang tidak terlalu sering digunakan namun tetap diaktifkan.

GPS dan Bluetooth yang aktif juga bisa menurunkan kinerja HP. Maka dari itu, sebaiknya dimatikan saja apabila diantara keempat komponen itu tidak digunakan untuk menghemat energi HP yang keluar.

2. Sinyal yang Lemah

Sinyal HP yang lemah menjadi pemicu baterai HP cepat habis. HP akan bekerja lebih ekstra untuk mencari dan mendapatkan sinyal. Apalagi jika berada di wilayah yang jauh, terhalang oleh bangunan dan susah sinyal.

Baca juga : Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Tanpa Harus ke GraPARI

Jika demikian, sebaiknya dimatikan saja mobile data sampai menemukan tempat yang bagus sehingga menghemat baterai. Selain itu, juga bisa nyalakan mode pesawat agar HP tidak bekerja untuk mencari sinyal.

3. Cahaya Layar HP yang Berlebihan

Layar merupakan salah satu komponen HP yang terpenting, sehingga layar salah satu yang menyerap daya baterai. Apalagi dengan adanya fitur refresh rate dan cahaya yang tinggi bisa memakan banyak energi baterai.

Gunakanlah tingkat cahaya sebatas wajarnya, tidak perlu terang sekali. Pengguna bisa memanfaatkan mode auto brightness yang ada di ponsel, sehingga bisa secara otomatis menyesuaikan cahaya layar HP sesuai dengan keadaan. Selain itu, atur juga refresh rate pada opsi terendah yaitu 60Hz.

4. Aplikasi yang Beroperasi di Background

Meskipun aplikasi sedang tidak digunakan, tetapi ada aplikasi yang masih beroperasi di background. Aplikasi yang tetap berjalan itu bisa menguras baterai HP pengguna, apalagi jika aplikasi yang berjalan cukup banyak.

Cara mengatasinya, pengguna bisa menutup aplikasi yang tidak digunakan yang ada di background. Hal ini bisa membantu untuk penghematan daya baterai HP, sehingga tidak boros.

Baca juga : Cara Daftar WiFi.ID Telkomsel

5. Banyak Aplikasi yang Terpasang di HP

Banyaknya aplikasi yang terpasang pada HP juga bisa menjadi pemicu daya baterai HP terkuras. Bahkan, beberapa aplikasi tersebut dapat menguras daya meski sedang tidak digunakan.

Mengapa demikian? Itu dikarenakan aplikasi yang ada di HP tetap berjalan di belakang layar, mengirim notifikasi, meminta lokasi, memakai koneksi jaringan internet dan sebagainya. Cara untuk atasinya, lakukan uninstall pada aplikasi yang memang sekiranya tidak penting.

6. Usia Baterai

Hal terakhir yang bisa jadi alasan baterai cepat boros yaitu mungkin kondisi baterai yang sudah memasuki usianya. Baterai memiliki batas waktu penggunaan. Secara umum, penggunaan baterai HP yang optimal yaitu 3 sampai dengan 5 tahun.

Jika baterai HP sudah tidak dapat menopang dan memberikan performa yang bagus, satu-satunya solusi yaitu mengganti baterai HP yang baru. Penggunaan baterai yang bocor secara terus-menerus dapat merusak performa HP tersebut. Ketimbang HP ikut rusak lebih baik mengganti baterai dengan segera.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai penyebab batrai hp cepat habis dan cara atasinya. Segera lakukan beberapa cara diatas untuk menghemat baterai HP.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top