penyebab laptop tiba tiba mati

Ayo Ketahui Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati Dan Solusi Untuk Mengatasinya

Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati – Mungkin saat ini masih banyak orang yang bertanya-tanya penyebab laptop tiba tiba mati. Padahal penggunanya telah melakukan perawatan dan juga menggunakannya dengan baik dan juga berhati hati.

Jika hal tersebut sudah terjadi, biasanya seseorang akan langsung panik dan juga kebingungan.Sebab Laptop merupakan satu contoh perangkat yang penting untuk sebagian orang.

Hal itu dikarenakan perangkat tersebut terkadang juga digunakan untuk bekerja atau untuk media belajar bagi seorang pelajar. Adapun beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan laptop mati secara mendadak dan juga cara mengatasinya yaitu:

4 Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati Dan Solusi Untuk Mengatasinya

1. Terlalu Panas

Penyebab pertama yang dapat membuat laptop mati mendadak yaitu pemakaian yang terlalu lama sehingga mengakibatkan mesin panas. Hal itulah yang menjadi pemicu matinya laptop secara tiba-tiba. Selain itu, suhu tempat pengguna menyalakan dan juga menaruh laptop juga berpengaruh.

Sebab jika pengguna menyalakan atau menaruh laptop pada tempat dengan suhu yang tinggi. Maka mesin yang ada pada perangkat tersebut akan dengan cepat menyerap tinggi suhu tersebut. Sehingga mengakibatkan mesin menjadi panas dan juga dapat mengakibatkan mati mendadak.

Cara untuk mengatasinya yaitu pengguna bisa memeriksa ban kipas laptop apakah masih berfungsi. Serta pengguna juga harus rutin membersihkan kotoran debu yang terdapat pada mesin secara rutin. Jika perlu pengguna bisa menambahkan bantalan kipas di bawah laptop ketika menggunakannya.

Baca juga : Cek E Toll Di HP

2. Kegagalan Hardware

Penyebab laptop tiba tiba mati yang kedua yaitu bisa dari kegagalan Hardwarenya. Apabila pengguna melakukan pemasangan Hardware baru, terkadang tidak menyadari jika perangkat tersebut tidak kompatibel.

Hal itulah yang dapat menjadi penyebab kenapa laptop mati secara tiba-tiba.Bahkan bisa juga karena Hardware yang telah ada pada laptop pengguna itu sudah rusak atau tua.

Jika pengguna mengalami hal tersebut, maka pastikan jika perangkat yang akan dipasang sudah sesuai dengan spek laptop. Namun jika dirasa kurang paham, pengguna bisa datang ke tempat service.

Hal tersebut bertujuan agar pengguna mengetahui masalah yang terjadi pada laptop dan juga mengetahui apakah onderdil yang dibeli telah sesuai. Jadi pengguna tidak perlu merasa cemas berkepanjangan, sebab bisa segera diatasi oleh pihak tempat service.

3. RAM Bermasalah

Satu lagi yang dapat menyebabkan laptop mati yaitu RAM. Sebab jika Onderdil yang satu itu mengalami kerusakan. Maka laptop akan terancam mati secara mendadak atau bahkan tidak dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Baca juga : Cara Menelepon dengan Nomor Pribadi Telkomsel

Biasanya masalah ini sering terjadi karena adanya perpindahan letak RAM.Terkadang juga karena ram tidak memenuhi kebutuhan ketika sering digunakan untuk bermain game yang memerlukan space besar.

Jika masalah ini dialami oleh pengguna, silahkan langsung membawa Laptop ke pusat service terpercaya. Agar masalah tersebut segera diatasi dan pengguna bisa memakai laptop secara normal kembali.

4. Baterai Bermasalah

Penyebab yang satu ini biasanya terjadi karena penggunanya sering melakukan pengisian daya yang berlebihan. Bahkan terkadang penggunaan laptop terlalu lama dan sering telat mengisi daya juga dapat menjadi pemicu.

Serta menggunakan laptop untuk software yang memiliki kapasitas besar seperti game dapat berpengaruh terhadap baterai.Sebab biasanya game dengan kapasitas besar ini memerlukan daya yang melebihi dari ketentuan baterai itu sendiri.

Jika pengguna mengalami hal tersebut, silahkan uji baterai apakah berfungsi dengan normal atau tidak. Apabila sudah mengalami gangguan sebaiknya ganti dengan yang baru agar tidak menghambat onderdil yang lain.

Itulah tadi beberapa penyebab laptop tiba tiba mati yang harus pengguna ketahui. Jika mengalami hal tersebut, janganlah  terburu-buru panik dan cemas berlebihan. Lakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika memang tidak bisa diatasi sendiri pengguna bisa membawa laptop ke pusat service terpercaya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top