wisata kawah ijen

Pesona Wisata Kawah Ijen Cocok untuk Melepas Penat, Cek Informasinya!

Wisata Kawah Ijen – Melepas penat dengan pergi ke Wisata Kawah Ijen menjadi pilihan yang tepat. Suasana alam yang tenang dan sejuk pasti bisa mengembalikan semangat untuk menjalani rutinitas. Untuk pergi ke destinasi alam tersebut, pengunjung bisa datang seorang diri atau bersama dengan teman.

Sebelum pergi berwisata, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa informasinya, seperti lokasi dan rute. Selain itu pengunjung bisa mengetahui terlebih dulu harga tiket, jam buka, hingga keunikan yang dimiliki Kawah Ijen. Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, pengunjung dipastikan akan lebih menikmatinya.

Lokasi Wisata Kawah Ijen

Meskipun terkenal terletak di Banyuwangi, lokasi Wisata Kawah Ijen yang juga masuk dalam satu wilayah kabupaten lain yaitu Bondowoso. Berada di ketinggian 2.386 mdpl, kawasan wisata ini terbagi menjadi dua rute yaitu menuju lokasi wisata dan puncak Kawah Ijen.

Untuk rute menuju lokasi wisata, pengunjung bisa berangkat dari Stasiun Banyuwangi Kota lalu ke arah Kecamatan Licin dan Desa Banyusari. Setelah itu, menuju rute Paltuding. Jika dari arah Surabaya, perjalanan bisa dengan jalan tol menuju Probolinggo lalu ke Bondowoso dan menuju Paltuding.

Rute ke puncak Kawah Ijen bisa menjadikan Paltuding sebagai pos pertama. Ikuti jalur pendakian yang akan ditempuh sekitar 2 hingga 4 jam untuk mencapai puncaknya. Pastikan untuk membawa masker, pakaian hangat, dan barang penting lainnya agar mendaki berjalan dengan lancar.

Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Kawah Ijen

Meskipun banyak dikunjungi, harga tiketnya sangat murah yaitu Rp5.000,00 pada Senin – Jumat serta Rp7.500,00 pada Sabtu dan Minggu untuk wisatawan lokal. Sementara itu, wisatawan asing pada hari Senin – Jumat dikenakan biaya Rp100.000,00.

Pada Sabtu dan Minggu wisatawan asing dikenakan biaya Rp150.000,00. Tak perlu khawatir tentang jam buka dan tutup karena wisata ini buka selama 24 jam.

Dengan kata lain, pengunjung bisa datang kapan saja. Namun, biasanya pengunjung mulai mendaki pada tengah malam agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit.

Keunikan dan Keindahan Wisata Kawah Ijen

Setiap wisata alam tentu memiliki keindahan dan keunikan pemandangan yang beragam, begitu juga dengan Wisata Kawah Ijen. Untuk itu, berikut beberapa keunikan serta keindahan yang ada di kawah Ijen:

1. Blue Fire

Wisata alam yang satu ini memiliki keunikan yang sangat jarang ditemui di tempat lain, yaitu Blue Fire. Blue Fire merupakan api biru yang kemunculannya disebabkan oleh reaksi gas dari gunung belerang bercampur dengan oksigen. Blue Fire sendiri bisa dilihat saat musim kemarau.

Jika ingin melihat lidah api biru ini dengan ukuran yang lebih besar, pengunjung bisa mendaki mulai pukul 01.00 dini hari. Pemilihan waktu tersebut sangat penting karena menjelang pukul 05.00 Blue Fire tidak akan terlihat.

2. Sunrise

Pengunjung bisa menikmati sunrise yang akan muncul di sekitar kawah dan waktu terbaik untuk pemandangan yang menakjubkan adalah Agustus. Pada bulan tersebut posisi matahari tampak lebih jelas sehingga terlihat indah jika dari Kawah Ijen.

3. Pemandangan Asri

Kawah Ijen yang berwarna indah membuat pemandangan menjadi semakin menakjubkan, terlebih jika dibarengi dengan pantulan cahaya matahari. Selain itu, pemandangan indah juga bisa dinikmati sepanjang pendakian. Pada saat mendaki, pengunjung akan menikmati keindahan bunga Edelweis, pohon Cemara, dan pohon Manisrejo.

Tak hanya menikmati, pendaki juga bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto. Tak perlu khawatir akan kehabisan tempat karena hampir semua area sangat cocok digunakan sebagai spot berfoto.

Itulah beberapa informasi tentang Wisata Kawah Ijen yang bisa diketahui terlebih dulu sebelum memutuskan untuk pergi. Pastikan memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar karena wisata yang satu ini membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk mencapainya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top